Senin, 01 April 2019

CERITA FABEL : TURLY SANG PEMBERANI


TURLY SANG PEMBERANI
Oleh : Umi Harida

                “ Hmmm, lapar sekali aku. Sudah lama berjalan tidak ada satu pun binatang yang bisa aku santap sebagai makanan pengganjal perutku, gumam Digo, Si Harimau Belang.” Kers – kers – kers, “ suara ranting dan daun kering yang terinjak terdengar jelas di telinga Digo yang sedang lapar. Perlahan – lahan Digo mendekati semak – semak tempat sumber suara. Dia ingin tahu tentang suara yang didengar. Dengan hati – hati Digo menyibak semak – semak itu tanpa suara. Matanya berbinar melihat pemandangan di depannya. Seekor rusa sedang asyik menikmati dedaunan segar sebagai makan siangnya.

                “ Hup ! “ suara Digo meloncat, berusaha menerkam rusa itu. Tapi sayang sekali terkamannya meleset. Rusa yang kaget sekaligus takut segera lari menyelamatkan diri. “ Aaaaaaahh, “ teriak Digo marah hingga binatang – binatang penghuni hutan mendengarnya dan menjadi ketakutan. “  Suara apa itu, Ibu? “ tanya Si  Turly kepada ibunya. Turly adalah seekor anak kura – kura. Dia terlihat ketakutan mendengar suara teriakan Digo yang menyertamkan. “ Kita harus hati – hati , Sayang. Itu suara Digo yang sedang marah, “ kata induk katak menjelaskan. “ Mengapa dia marah, Ibu?” tanya Turly penasaran. “ Ibu juga tidak tahu. Sudahlah, kamu tidak perlu takut. Ada ibu yang akan selalu menjagamu. “ kata ibu Turly menenangkan.

                “ Huh – huh – huh, selamat aku, suara rusa terengah – engah setelah berlari kencang. Turly mendekati rusa itu. “ Hai, siapa kamu ? Mengapa kamu ada di sini. Ini kan rumahku, “ tegur Turly kepada rusa. “ Namaku Cuky. Maaf aku tidak bermaksud mengganggumu. Aku sedang menyelamatkan diri dari seekor harimau, dia akan memakanku, “ kata Cuky berusaha menjelaskan kepada Turly.”  Ooooh, pantas Digo marah, gara – gara tidak berhasil menangkapmu ya, “ kata Turly menebak. “ Iya, betul. Darimana kamu tahu ? Apakah kamu pernah bertemu dengannya ? Hati – hati, jangan dekat – dekat dengannya! Nanti bisa – bisa tubuhmu yang mungil ini habis dilahapnya, “ kata Cuky panjang lebar. “ Hah, manamungkin dia mau melahapku. Tubuhku kan kecil. Tubuhku ini tidak akan bisa mengenyangkan perutnya. Kamu yang harus hati – hati, bukan aku, “ kata Turly membantah.
               
                “ Cuky benar, Nak.Kita harus hati – hati kepada Digo.Kallau di sedang kelaparan, siapa pun bisa saja dilahapnya, kata ibu Turly mengingatkan yang tiba – tiba keluar dari balik semak – semak  persembunyiannya. “ Ibu, aku takut, kata Turly sambil mendekati ibunya.
               
                “ Hmmmmm, kemana larinya rusa itu, “ suara Digo terdengar dekat dengan tempat tinggal Turly. “ Ibu, itukah suara Digo ? tanya Turly. “ Sssssst, jangan keras – keras suaramu ! Iya, Nak, “ jawab induk kura – kura itu. Cuky terlihat cemas dan ketakutan. “ Tenanglah Cuky, kamu tidur – tiduran saja di sini. Biar akuyang akan hadapi Digo, “ kata Turly kepada Cuky penuh keberanian. “ Hah, kamu suruh aku tidur – tiduran. Jangan  bercanda kamu! Nyawaku sedang terancam. Ini genting, “ kata Cuky ketakutan. “ Aku tidak bercanda. Ayo kamu tidur di sini ! Aku akan menutupi tubuhmu dengan daun – daun kering itu. Ayo, Ibu, tolong bantu aku  menutupi tubuh Cuky ! “ ajak Cuky kepada ibunya. “ Iya, iya, Sayang, “ kata ibu Turly tanpa bertanya  apa – apa.
                Setelah seluruh badan Cuky tertutup daun – daun kering, Turly berjalan meninggalkan tempat tinggalnya. “ Kamu mau kemana, Turly ? “ Tanya ibunya. “ Aku mau bertemu dengan Digo, Ibu. “ kata Turly. Hah, jangan bercanda kamu ! Bisa – bisa habis kamu dimakannya, “ kata induk kura – kura ketakutan. “ Tenanglah, Ibu. Aku akan mengatasi semua. Kasihan Cuky. Kalau Digo sampai memakannya, dia tidak akan bertemu dan berkumpul dengan keluarganya lagi seperti kita. “ kata Turly menjelaskan. Ibu Turly terharu mendengar penjelasan anaknya. Induk kura – kura itu mengizinkan Turly untuk menolong Cuky.

 “ Hai, Digo ! “ sapa Turly kepada Digo. “ Hmmmm. Siapa kau ? Berani – beraninya kamu mendekatiku. Apa kamu tidak takut jika kumakan, “ kata Digo dengan suara yang menakutkan. “ Tidak, aku tidak takut kepadamu. Kamu pasti mencari seekor rusa, iya kan, “ kata Turly dengan berani. “ Ya, aku sedang mencarinya. Apakah kamu melihatnya ? “ Tanya Digo. “ Dia lari ke sana tadi. “ kata Turly sambil menunjuk sembarang arah. Mendengar petunjuk dari Turly, Digo langsung lari mengejar buruannya. Dia tidak sadar kalau Turly sedang membohonginya .

Setelah Digo menjauh, Cuky keluar dari persembunyiannya. “ Terima kasih, kamu sudah menolongku. Oh ya, siapa namamu ? “ Tanya Cuky sambil berterima kasih. “ Aku Turly, “ jawab anak kura – kura itu. “ Terima kasih, Turly budi baikmu akan kuingat selama hidupku. Aku tidak akan melupakan jasamu ini. Kemudian Cuky berpamitan kepada Turly dan ibunya untuk kembali ke rumahnya.

Sementara Turly dan ibunya merasa senang karena telah dapat membantu binatang lain. Ibu Turly bangga kepada anaknya, meskipun masih kecil tetapi dia sudah dapat bermanfaat bagi binatang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI PETANI

  PETANI Oleh : Umi Harida Petani…….. Tatkala sang surya mengintip di balik awan di ufuk timur Engkau bangkit dari tidurmu yang...